Taman Kota Semarapura Diperindah dengan Sampah Plastik

  • 15 November 2016
  • Dibaca: 178 Pengunjung
Taman Kota Semarapura Diperindah dengan Sampah Plastik

Citizenbali.com –  Tiap hari taman-taman di kota Semarapura, Kabupaten Klungkung kian sedap dipandang mata. Betapa tidak, tak perlu biaya dan anggaran Negara yang mahal untuk membuat hal yang seni, namun dari barang daur ulang dan sampah plastic ternyata bisa termanfaatkan.

Sejak awal, dinas pertamanan Pemkab setempat membuat ecobric atau sampah plastik yang dipadatkan didalam botol plastic, yang ditata sedemikian rupa dan dimuat seseni mungkin. “inikan sudah terkumpul banyak, yaa kita manfaatkan saja untuk pengaman taman dan didata dengan bagus kan kelihatan lebih rapi dan indah,” kata Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Senin (14/11/2016), didampingi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Klungkung, A.A Ngurah Kirana.

Ini dipasang dipinggir taman sebagai tanggul agar tanah tidak meluber keluar. Metode ini nantinya akan diterapkan disemua taman yang ada di Kota Semarapura, Klungkung.

Menurut Bupati Suwirta, metode ini merupakan salah satu langkah kecil untuk mengurangi sampah plastik dimasyarakat. “Ini merupakan langkah awal dalam mengurangi sampah plastik,“ ujarnya.

Bupati mengajak masyarakat dan perusahaan untuk bersama-sama mengumpulkan sampah plastik dan selanjutnya akan dibuat ecobrik dalam skala yang lebih besar. Bupati juga akan menggandeng penyandang disabilitas produktif sebagai petugas khusus pembuat ecobrik. “Nanti kita akan jadikan penyandang disabilitas produktif sebagai petugas khusus,” sebutnya.

Dijelaskan, ecobrik yang terkumpul nantinya akan digunakan sebagai dinding tanah disemua taman di Kota Semarapura. Bupati berharap metode ini bisa menjadi contoh dan mengajak masyarakat untuk menjaga dan memeliharanya.(czen/ist). 

  • 15 November 2016
  • Dibaca: 178 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita